Minggu, 08 Oktober 2017

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!

http://www.jurnalblog.com

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis! - Mengetahui kecepatan blog dalam memuat laman merupakan suatu hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan. Karena dengan menurunnya kecepatan blog dalam memuat laman akan mempengaruhi terhadap kejenuhan visitor untuk menunggu (loading), tentu hal tersebut akan berimbas pada larinya pengunjung dari blog kita. Selain itu, kecepatan blog juga memiliki pengaruh terhadap rangking hasil pencarian.

Maka dari itu, pastikan bahwa kecepatan blog kalian tidak terlalu lambat, faktor yang paling umum dalam menurunnya kecepatan blog salah satunya yaitu gambar yang tidak di optimasi. Sehingga bagi setiap blog yang membahas tentang tutorial, tentu banyak gambar yang digunakan dalam mendukung kontennya. Oleh karena itu, pastikan gambar yang akan kalian upload, terlebih dahulu sudah kalian kurangi ukurannya agar tidak terlalu memberatkan kinerja blog.

Seperti yang telah saya singgung di atas, bahwa kecepatan blog yang di bawah rata-rata akan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung, selain itu juga akan berdampak buruk bagi mesin penelusuran. Hal tersebut dikarenakan bahwa data URL blog kalian telah tersimpan dan diindeks oleh mesin pencari. Namun, jika pengunjung kalian menemui error URL pada blog kalian yang disebabkan oleh beratnya loading blog kalian dalam memuat laman sehingga berujung pada error URL, maka error URL tersebut juga akan ikut tersimpan di database mesin pencari. Sehingga masalah tersebut berpengaruh terhadap trafik dan perkembangan rangkin blog kalian di mesin penelusuran.

Nah, untuk dapat meningkatkan kecepatan blog. Terlebih dahulu kalian harus mengetahui kecepatan situs blog kalian dengan memanfaatkam situs tools untuk mengukur kecepatan situs blog yang dapat kalian akses secara gratis, sehingga kalian dapat mengetahui kinerja yang sudah atau perlu untuk di optimalkan lagi.

Berikut merupakan 14 situs tools untuk mengukur kecepatan loading blog yang dapat digunakan secara gratis, sehingga dengan menggunakan tools ini. Kalian mengetahui berapa nilai kecepatan dari blog kalian, serta hal-hal apa saja yang perlu untuk dilakukan pengoptimalan.

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog 


1. Google PageSpEed Insight

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insights merupakan salah situs yang dapat kalian manfaatkan untuk mengetahui kecepatan akses blog. Google PageSpeed Insights akan mereview sekaligus menganalisis konten blog Kalian sekaligus memberikan solusi yang seharusnya kalian lakukan, mulai dari mengurangi waktu respon server, optimasi javascript dan CSS, cache browser, ukuran gambar, dan lainnya. Ini sangat penting, jika kalian belum mengetahuinya, maka segera cek kecepatan loading blog Kalian sekarang juga.

Google PageSpeed Insight adalah alat uji kecepatan situs web yang memberi peringkat pada situs web kalian dalam skala 1 – 100 yang diberdayakan oleh Google. Semangkin tinggi jumlahnya, semangkin baik pengoptimalan web kalian. Angka yang baik untuk situs web kalian adalah 85 keatas, karena menunjukan situs web atau blog kalian bekerja dengan baik. PageSpeed memberi kalian laporan untuk versi dekstop dan versi seluler situs kalian. Kalian dapat melihat rekomendasi perbaikan setelah uji kecepatan, untuk perbaikan yang di butuhkan seperti mengurangi waktu respon server, optimasi javascript dan CSS, cache browser, ukuran gambar, dan lainnya.

2. Gt-Metrix 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
GTmetrix

Selain Google PageSpeed Insights, GTmetrix juga merupakan situs tools gratis yang berfungsi untuk mengukur kecepatan loading blog. Kalian akan mendapatkan banyak hal yang mempengaruhi loading blog ketika diakses, kalian juga bisa membandingkan kecepatan loading blog kalian dengan blog lain melalui GTmetrix. Selain itu, GtMetrix sangat detail dalam memeriksa dan memberikan laporan metrik pagespeed dan Yslow. Penilaian yang diberikan oleh pihak GtMertix terhadap kecepatan situs yaitu dalam skala A sampai F, laporan terbagi dalam lima bagian PageSpeed, Yslow, video dan Histori (sejarah).

Dengan pendaftaran yang gratis, kalian dapat mengetest dari tujuh lokasi berbeda. Kalian dapat memilih browser sebagai pembanding, Firetox vs Chrome. Kalian dapat menguji dan membandingkan kinerja situs dengan berbagai jenis koneksi seperti: cable vs dial-up untuk melihat bagaimana beban yang mempengaruhi laman situs kalian. Fitur lainnya seperti pemutaraan video untuk mengatasi kemacetan (buffering) dan juga kemampuan menjalankan AdBlock plus. Dengan iklan yang di nonaktifkan kalian dapat melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pemuatan situs kalian.

3. Ping-Dom
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
PingDom

PingDom mungkin salah satu alat uji kecepatan situs yang lebih terkenal. Laporan mereka di bagi menjadi empat bagian yang mencangkup tingkat kinerja, analisis halaman, dan history (riwayat). Analisis halaman menawarkan ikhtisar yang sangat bagus dengan menambahkan informasi seperti analis ukuran, ukuran per domain (kalian dapat mengukur situs blog mas mukti dengan situs blog/web kalian), jumlah permontaan per domain dan jenis konten yang banyak diminati.

Namun yang menjadi kelemahan dari pingdom ini, yaitu kalian perlu untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu, baru bisa masuk ke dalam situs untuk menggunakan tools-tools yang ada, salah satunya yaitu mengukur kecepatan loading blog kalian. Disamping itu, jika kalian ingin menggunakan situs dari pingdom ini secara berkelanjutan kalian diharuskan untuk membayar, artinya kalian hanya bisa menggunakan tools ini secara gratis selama 14 hari.

4. WebPage-Test 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
WebPagetest

WebPage Test sangat mirip dengan beberapa alat uji kecepatan lainnya, namun memiliki lebih dari 40 lokasi untuk dipilih dan lebih dari 25 browser (termasuk juga mobile). Kalian hanya perlu mengklik “Page Speed” dan memulai pengecekan loading blog kalian. Setelah itu, Webpagetest akan memberikan solusi untuk meningkatkan kecepatan loading blog kalian.

WebPage Test Ini memberikan nilai dalam skala dari F ke A berdasarkan dari berbagai tes kinerja seperti Cache, kompresi, FFTB, pengginaan CDN yang efektif, dan lain-lain. Laporan ini terbagi menjadi enam bagian meliputi: ringkasan rincian, rincian kinerja, rincian konten, dan Screen Shot.
WebPage Tes memiliki fitur yang canggih seperti pengambilan video, menonaktifkan javascript, mengabaikan sertifikal SSL, mempunyai fitur otomatis untuk melacak asal Negara, dan masih banyak lagi keunggulannya.

5. KeyCDN 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
KeyCDN

KeyCDN merupakan situs uji kecepatan web yang baru dikembangkan pada tahun 2017. Ini merupakan uji kecepatan yang ringan kalian dapat menggunakan untuk menambah pengetahuan yang terperinci tentang situs kalian. Pada situs ini terdapat 14 lokasi yang ditawarkan untuk dipilih di seluruh dunia, kalian dapat membuat hasil tes secara pribadi atau publik. Tes ini meliputi pratinjau situs web visual di bagian bawah. KeyCDN meskipun merupakan situs baru, namun situs alat uji kecepatan blog ini sangat responsif dan bagus di perangkat seluler.

6. Varvy Pagespeed Optimization 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Varvy

Varvy Pagespeed Optimization adalah alat yang dikembangkan dan dikelola olah Patrick Sexton, yang juga menciptakan situs getlisted.org, yang sekarang di kenal dengan nama Moz Local.
Laporan dibagi menkadi 5 bagian yang berbeda termasuk diagram sumber, pengoriman css, pengunaan javascript, masalah kecepatan halaman yang ditemukan, dan layanan yang digunakan. Alat ini lebih banyak menggunakan representasi grafis tentang apa yang dapat di perbaiki di situs kalian, contoh memuat pencekalan.

Varvy Pagespeed Optimization  ini juga memberikan dokumentasi tentang bagaimana cara mengoptimalkan situs kalian dengan tutorial di jalur perenderan, menunda pemuatan javascript dan masih ada banyak lagi. Selain pagespeed opyimization, Varvy juga menyediakan alat untuk mengukur kualitas SEO, dan Mobile SEO dari situs kalian. Inilah salah satu kelebihan dari situs varvy yang multifungsi. Sehingga disamping kita mengukur kecepatan loading blog, kita juga bisa mengukur kualitas blog kita dari sisi SEO dan Mobile.

7. PageScoring 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
PageScoring

PageScoring merupakan salah satu situs untuk menguji kecepatan yang menawarkan laporan kinerja yang sederhana dan mudah dimenggerti dengan desain yang minimalis. Sebab, kalian langsung bisa menggunakan tools tersebut tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Situs ini akan menunjukan keseluruhan waktu muat. Informasi lihat di bawah:

  • Pencarian domain
  • Waktu koneksi
  • Ukuran laman
  • Ukuran download
  • Waktu pengalihan

Kalian dapat mencoba uji kecepatan ini berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat laman situs.

8. PerfTooL 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
PerfTool

PerfTool adalah proyek open source client side performance tool, yang di-host di github. Ini mengumpulkan berbagai informasi tentang situs kalian dan menampilkan dengan mudah pada halaman laporan. Ini mengabungkan tiga sumber data menjadi satu, Pagespeed Insights, devperf, dan W3CJS. Kalian dapat membandingkan lebih dari 200 indikator kinerja yang berbeda.
Kelebihan dari perftool adalah kalian dapat menjalankan beberepa halaman tes sekaligus untuk laporan google pagespeed insights. Kemudian, bandingkan hasil dari tes dari yang sebelumnya sudah pernah di coba.

9. Dotcom-monitor 
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Dotcom-Monitor

Dotcom-monitor menawarkan 23 lokasi yang berbeda dengan 7 browser dimana kalian dapat menjalankan tes kecepatan situs web kalian. Fitur unik ini adalah kalian dapat menjalankan semua tes geografis secara bersamaan. Kalian dapat menghemat waktu, karena alat uji kecepatan yang lain mungkin kalian menjalankan nya satu demi satu.
Penguji kecepatan ini terbagi atas beberapa bagian yang berbeda, diantaranya yaitu: Ringkasan, Kinerja, Host dan Error.

10. Uptrends
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Uptrends

Uptrends cukup mendasar tetapi mereka menawarkan lebih dari 35 lokasi yang dapat kalian pilih ketika menjalankan tes kecepatan. Laporan mereka dipecah menjadi dua bagian, gangguan air terjun dan kelompok domain. Kelompok-kelompok domain menawarkan perspektif yang unik karena mengkategorikan sumber daya ke sumber yang berbeda: Partai 1, statistik, CDN, sosial, iklan, pihak pertama secara keseluruhan, dan pihak ketiga secara keseluruhan.

11. Yellow Lab Tools
14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Yellow Lab Tools

Yellow Lab Tools adalah kinerja web dan front-end alat pengujian kualitas yang lebih baru dikembangkan oleh Gaël Metais. Kelebihan yang ditawarkan pada situs ini, yaitu kalian tidak perlu melakukan pendaftaran akun, artinya kalian langsung bisa melakukan uji coba kecepatan situs kalian baik melalui simulasi desktop, tablet, maupun mobile device. Alat ini memberikan banyak informasi dan beberapa fitur unik yang tidak terlihat di alat-alat lain seperti pemKalianngan saat interaksi JavaScript dengan DOM selama pemuatan halaman dan masalah kode validasi lainnya. Mendapatkan skor global berdasarkan kualifikasi berikut.
  • Berat halaman
  • Permintaan
  • DOM
  • Bad Javascript
  • Bad CSS
  • Server Config
  • Timeline JavaScript menunjukkan dengan tepat bagaimana DOM berinteraksi selama pemuatan halaman.

12. DevTools Google Chrome

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
DevTools Google Chrome

Google Chrome DevTools merupakan salah satu tools yang disediakan oleh Google Chrome yang dapat kita gunakan dalam mengukur kecepatan blog kita. Penggunaan tools ini juga cukup mudah dan kalian dapat dengan cepat memulai kapan saja di broswer Chrome Pilih More Tools > Developer Tools dari Menu Chrome.
Klik-kanan pada elemen laman dan pilih Inspect
Gunakan pintasan keyboard Ctrl+Shift+I (Windows) atau Cmd+Opt+I (Mac)

13. Sucuri Load Time Tester

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Sucuri Load Time Tester

Sucuri Load Time Tester merupakan salah satu situs untuk mengukur kecepatan loading blog kalian secara gratis, pada situs ini kalian bisa mengukur kecepatan blog kalian tanpa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Penggunaannya juga cukup mudah, sebab kalian hanya perlu memasukkan url blog kalian, kemudian klik pada tombol test load time. Lalu situs ini akan menyajikan laporan, berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam membuka situs kalian dari berbagai lokasi. Penilaian yang diberikan yaitu dari A sampai F. Sebuah nilai yang sangat penting untuk memperhatikan adalah "waktu untuk byte pertama", yang memberi Kalian berapa lama waktu untuk konten yang akan dikirim kembali ke browser untuk mulai memproses halaman.

14. Pagelocity

14 Situs Tools untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog, Gratis!
Pagelocity

Situs Pagelocity menawarkan cara unik lain untuk menganalisis kecepatan website. Sebab situs ini tidak hanya memberikan laporan performa saja, melainkan dilihat dari segi SEO, dan Kode Insight dengan penilaian menggunakan skala 100 yang terdiri dari faktor-faktor seperti sosial, SEO, sumber daya, dan kode. Alat ini juga menawarkan kemampuan untuk melacak pesaing Kalian.

Selain bisa langsung digunakan tanpa melakukan pendaftaran akun, kalian juga dapat mendaftar untuk mendapatkan akun gratis demi mendapatkan keuntungan dari fitur tambahan. Tampilan kode ini terutama unik karena akan menunjukkan jika situs Kalian berjalan melalui HTTPS, apa TTFB Kalian, dan antarmuka grafis dari elemen DOM Kalian dengan bar chart.

Seperti yang telah kalian lihat ada banyak sekali jumlah alat uji kecepatan situs web yang dapat kalian pilih. Masing-masing memiliki fitur unik tersendiri seperti yang sudah di bahas diatas. Ada baiknya jika kalian menguji kecepatan secara rutin dan menetapkan patokan sehingga dengan berjalan nya waktu kalian dapat melakukan perbaikan.

Begitu kalian mengetahui bahwa situs kalian terdapat loading lama, kalian bisa memperbaikinya. Hampir semua alat di atas yang saya rekomendasikan. Beberapa laporan yang diberikan untuk segera dilakukan perbaikan yang umum meliputi:
  • Memilih web host dengan cepat
  • Mengompresi gambar dan file kalian
  • Mengurangi jumlah permintaan HTTP
  • Menggunakan jaringan pengirim Konten
  • Caching
  • Mengoptimalkan kode dan script kalian.
Demikianlah tadi, artikel tentang tools yang dapat kalian gunakan untuk mengukur kecepatan situs blog kalian secara gratis. Silahkan untuk kalian cek performa situs blog kalian, apakah sudah dalam keadaan baik atau masih perlu untuk dilakukan perbaikan baik dari segi gambar, cache maupun lainnya. Jika ada hal yang kurang dimengerti silahkan untuk ditanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon